Waifu, Apa Itu ?




"Wah, waifu gue nih!” "xxx is the best waifu! "
"waifu-able banget nih," "waifumu la**r maz…"
Kalian mungkin sering membaca atau mendengar kalimat seperti di atas jika berkunjung ke forum yang berisi para fans animanga. Namun ada dari kalian -terutama orang normal yang tersesat ke dunia hitam- yang belum mengerti apa maksud kalimat tersebut.
Jadi sebenarnya, apasih itu waifu



Waifu berasal dari kata serapan bahasa Inggris “wife”, yg berarti “istri”.
Jadi waifu itu artinya ya istri.
Istilah ini biasa dipakai oleh fans animanga terutama yang laki-laki, untuk menyebut karakter perempuan favorit mereka. Tidak cuma favorit, tapi karakter yang sangat mereka cintai.
Lawan dari waifu yaitu husbando, sama seperti waifu, istilah ini juga berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti “suami”. 

Hampir semua fans animanga memiliki waifu, mulai dari mereka yang hanya menyukai si karakter karena suatu alasan seperti fisik, kemampuan, atau perjuangan hidup. Sampai mereka yang telah cinta mati dengan waifunya ini dan bahkan membuatnya tidak doyan lagi dengan makhluk 3D alias perempuan nyata.
Namun belakangan ini, beberapa kali dijumpai istilah ini dipakai bukan untuk karakter 2D saja. Para fans grup idola pun sering menyebut waifu kepada oshi (member favorit) mereka. Bahkan saya pernah menemukan selebriti Indonesia macam Dian Sastrowardoyo dan Sandra Dewi juga dilabeli dengan istilah waifu

Setiap orang bebas menobatkan karakter yang mereka cintai sebagai waifu mereka. Namun perlu diingat, bukan hanya kamu seorang yang menyukai waifumu itu. Semakin terkenal dan mainstream waifumu, semakin besar pula peluang mereka tampil dalam doujin bergenre H. *you know what I mean*
Jadi kesimpulannya, bijaklah dalam memilih waifu, dan ikhlaskanlah bahwa dia bukan milikmu seorang. LoL

Dan sebagai penutup, saya sajikan deretan karakter perempuan 2D yang bernasib malang karena mendapat gelar waifu dari saya.
Here we go!

1. Maki Nishikino (LoveLive! School Idol Project)

Di urutan pertama saya menaruh member dari grup idola µ’s yang berperan sebagai pencipta lagu (bukan penulis lirik). Maki-chan ini sebenarnya bukanlah karakter perempuan 2D pertama yang membuat saya jatuh hati. Namun saat mengikuti seri LoveLive! inilah saya mengenal istilah waifu. So, bisa dibilang Maki adalah karakter pertama yang saya sematkan label waifu.
Bersuara indah, pintar bermusik, pintar akademis, anak orang kaya, dan tsundereee~! That’s all yang membuat saya kepincut oleh cewek yang katanya menyukai tomat ini.
Dikisahkan Maki ini anak dari seorang dokter sekaligus pemilik rumah sakit. Dari kecil doi dituntut untuk berprestasi akademis supaya kelak bisa menjadi dokter dan penerus orangtuanya. Selain itu ternyata dia juga punya bakat dalam bermusik. Namun hal ini kurang mendapat dukungan dari orangtuanya. (diceritakan dalam LoveLive! School Idol Diary)
Kemunculan pertama Maki di anime yaitu ketika dirinya sedang memainkan lagu Aishiteru Banzai dengan piano di ruang musik sekolahnya. Ketika itu Honoka sang pendiri µ's tak sengaja melintas di depan ruang musik dan terpesona dengan suara indah serta alunan merdu pianonya. Seketika pun Honoka langsung mengajak Maki untuk bergabung dengan grup idolanya. Pada awalnya Maki menolak, dan hanya bersedia menciptakan lagu untuk mereka. Lantas pada akhirnya ia memutuskan bergabung dengan µ's bersama 2 anak kelas 1 lainnya Hanayo dan Rin.
Lalu setelah itu … silakan tonton sendiri animenya! :)


2. Hinata Hyuuga (Naruto)

Kalau berbicara tentang kartun atau komik dari Jepang, siapa yang tidak kenal Naruto? Ya, Naruto lah salah satu seri animanga terpopuler di Indonesia. Coba tanyakan pada teman kalian yang non-otaku, atau bahkan pada orangtua kalian, pasti mereka pun tau.
Ya, dari serial ini pun saya menemukan waifu.
Hinata inilah makhluk 2D pertama yang bikin saya kepincut. Sebenarnya di fandom ini saya juga pernah naksir dengan Haku, itu lho partnernya Zabuza dari Kirigakure. Tapi ternyata dia cowok *LOL*.
Digambarkan Hinata ini orangnya pemalu, lemah lembut, sering gugup, dan dari luar terlihat bukan orang yang kuat secara fisik. Tapi sebagai seorang Hyuuga apalagi dari kalangan atas, tentu saja kemampuan bertarungnya tak bisa diremehkan begitu saja. Dan menurut saya, Hinata lah yang paling kuat diantara Sakura, Ino, ataupun Tenten.
Dan satu lagi, karena di akhir cerita dia telah bersuami, sebenarnya saya ingin mencoretnya dari daftar ini.


3. Kosaki Onodera (Nisekoi)

Selanjutnya ada karakter yang sifatnya tak jauh berbeda dari Hinata. Karakter ini sering saya sebut memiliki 1000% waifu materials. *kalau nggak ngerti maksudnya, abaikan saja*
Dia ini adalah salah satu heroine utama dari Nisekoi, itu tuh seri anime/manga harem terfenomenal dan disinyalir menjadi faktor pemecahbelah umat abad ini.
Dia cantik dan manis, menurut saya secara fisik she is the most beautiful heroine of the series, baik, perhatian, lemah lembut, dan tak lupa Kosaki-chan disuarakan oleh mbak Kana Hanazawa! Salah satu seiyuu terbaik di dekade ini, dan ya tentu saja favorit saya juga.
Saat melihat close up dirinya di anime atau manga dapat membuat saya berteriak (walau seringnya hanya di dalam hati) menyebut namanya seperti yang saya lakukan saat menonton konser idol. *kalian wahai orang yang ngidol pasti ngerti lah.*
Dikisahkan Kosaki berteman dengan Raku sang tokoh utama sejak SMP dan berlanjut ke SMA. Dari awal cerita dijelaskan bahwa mereka berdua telah saling menyukai cukup lama, namun keduanya sama-sama tak berani untuk mengungkapkannya.
Nisekoi sendiri *akhirnya* ceritanya berakhir dalam 229 chapter manga. Dan terungkap bahwa Kosaki adalah sang gadis yang berjanji dengan Raku 11 tahun lalu, artinya kunci milik Kosaki lah yang cocok dengan liontin Raku. Namun meskipun begitu … ah, sudahlah. Malas banget saya menceritakan lanjutannya. :v


 4. Shinka Nibutani (Chuunibyou demo Koi ga Shita)

Berikutnya ada seorang pengidap chuunibyou yang telah bertobat ke jalan yang benar. Di anime ini, dari keempat tokoh utama wanita, dia lah yang “berusaha” bersikap paling normal.
Memiliki rambut panjang kecokelatan, dihiasi dengan jepit rambut yang terpasang random, serta body yang sangat aduhai, harusnya sih dia tak cuma jadi idola seorang seperti saya tapi juga di sekolahnya. *eh iya nggak sih? Udah lama gak nonton animenya, lupa.*
Sayangnya sih doi bukan heroine utama. Dan saya pun tak terlalu mengerti, sebenarnya dia punya rasa ke Yuuta atau tidak. Tapi yang jelas sih di season 2 ada Sophia yang jadi rivalnya Rikka, jadi bukan dia.
Satu lagi yang jadi alasan saya menobatkan dia sebagai waifu dan rasanya yang ini tak terlalu penting, dia punya nama yang mirip salah satu idola saya, Sinka Juliani 



5. Tomoyo Kanzaki (Inou Battle Nichijou no Naka de)

Jika membicarakan animenya, sejujurnya saya berpendapat anime ini biasa saja. Jika disuruh menilai, saya berikan 6.5 dari 10. Namun karakter ini lah alasan utama saya menonton anime yang sepertinya kurang mainstream ini. Entah kenapa dari awal melihat, saya langsung tertarik dengan dia, mungkin karena rambut merah dan mata ungu yang dimiliknya mengingatkan pada Maki Nishikino dan Ran Shibuki (Aikatsu).
Diceritakan dia dan teman-teman anggota klub literatur tiba-tiba mendapat kekuatan super, namun yang terjadi setelah itu tidak ada yang berubah dari dunia mereka, tidak ada dunia kegelapan dan tidak ada raja terakhir jahat yang harus dikalahkan. Sehingga mereka pun menggunakan kekuatannya hanya untuk main-main, walaupun menjelang akhir cerita muncul konflik berkaitan dengan kekuatan super tersebut. Dan si Tomoyo ini mendapat kekuatan yang disebut Closed Clock, yaitu dapat memanipulasi (mempercepat, menghentikan, melambatkan) waktu.
Dia juga gadis yang memiliki fisik kuat, ini berdasarkan salah satu adegan yaitu saat dia membawa teman-temannya berpindah tempat sembari ia menghentikan waktu. Sejak awal digambarkan dia gadis yang pemalu terutama jika membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan percintaan. Ia menyukai sang tokoh utama namun berusaha sekuat tenaga untuk menyembunyikan perasaan dan tingkah lakunya. Seperti tsundere kan?
Juga diceritakan dia hobi menulis dan punya impian menjadi penulis light novel, duh sama seperti saya. :3


6. Megumi Katou (Saenai Heroine no Kanojo Sodatekata)

“Megumi Kato is the best girl!” entah dimana saya pernah membaca itu, namun kalimat tersebut cukup membuat saya lebih terfokus pada perempuan ini saat menonton seri animenya. Sejujurnya sih sampai akhir cerita anime Season 1, saya tidak menemukan hal spesial darinya yang membuat saya terpikat kecuali rambutnya yang semakin tumbuh seiring berlalunya tiap episode.
Tapi setidaknya, menurut saya Katou adalah heroine paling normal di cerita ini, bahkan kelewat sangat normal.
Lalu mengapa dia ada di daftar ini? Entahlah, pokoknya dia salah satu karakter perempuan favorit, mungkin saya pikir mempunyai pasangan seperti dirinya bukanlah ide yang buruk.
Jadi tak sabar menunggu season ke-2nya tayang, kabarnya sih April 2017.


7. Nanami Aoyama (Sakurasou no Pet na Kanojo) 

Satu lagi gadis anime normal yang membuat saya terpikat. Ya dibandingkan Shiina Mashiro dan Misaki Kamiigusa-senpai, menurut saya Nanami ini yang paling normal.
Selain itu sifatnya yang pekerja keras menjadi nilai yang plus plus di mata saya. Hidup sendiri tanpa biaya orang tua karena tak direstui cita-citanya, pulang sekolah kerja part-time kesana kemari, semua itu dilakukannya tanpa merengek manja. Dan rambut ponytailnya juga tak bisa luput buat dijadikan alasan dia ada di list ini.
Tapi akhirnya … dia kalah dalam persaingan, senasib sama Onodera (Kosaki) :’( sad… Btw, cita-citanya dia itu jadi seiyuu (pengisi suara) duh sama juga seperti saya. :3

Sebenarnya masih banyak lagi karakter perempuan 2D yang bisa dan pantas masuk di daftar ini. Yah maklum saja, salahsatu genre kesukaan saya itu harem, dan di tiap anime harem itu ada satu karakter yang jadi favorit. :v
Tapi setelah direnungkan selama 0,12348 tahun, terpilihlah 7 karakter di atas.

Yah.. Jadi.. Begitulah sekilas tulisan nggak penting ini, semoga tidak menimbulkan kesesatan pada umat manusia. Terimakasih sudah bersedia tersesat ke webpage ini, kalau ada kalimat yang menyinggung kalangan tertentu, saya sebagai penulis mohon maaf. Ngomong-ngomong, ada yang punya waifu sama seperti saya?

all pict source : myanimelist
Latest
Previous
Next Post »